Vrydag 10 Augustus 2012

Rahasia Mengapa Orang Jepang Memiliki Otak Pintar

Rahasia Megapa Orang Jepang Memiliki Otak Pintar - pada postingan kali ini saya akan mengupas sedikit tentang Rahasia Orang jepang memiki otak Pintar. sebagian besar orang jepang mengkonsumsi ikan sebagai makanan pokok mereka. disinilah rahasia sebenarnya dari otak encer orang-orang jepang 

Manfaat ikan bagi kesehatan tubuh memang sudah bukan rahasia lagi. Tapi sebenarnya apa sih bahan yang terkandung dalam ikan sehingga katanya bisa membuat otak cerdas? dan apakah untuk mendapatkan semua khasiat itu kita harus mengkonsumsi ikan mentah-mentah seperti cara orang Jepang?

Protein pada ikan tersusun atas asam amino esensial yang lebih mudah dicerna daripada protein dari sumber hewani lainnya. Seperti yang kita ketahui, protein adalah sumber nutrisi penting untuk pertumbuhan. Nah, untuk masalah lemaknya, lemak yang terkandung dalam ikan berbeda dengan lemak yang ada pada daging sapi atau ayam. Jadi, kalau orang biasanya membatasi asupan daging merah karena takut akan lemak (jenis asam lemak jenuh) dan kolesterolnya, tidak demikian halnya dengan ikan. Ikan justru diburu karena lemaknya. Pernah dengar minyak ikan kan? Berbeda dengan lemak hewan lainnya, lemak ikan berbentuk cair bahkan pada suhu rendah sekalipun. Itulah mengapa disebut minyak ikan, bukan lemak ikan. Karena lemak biasanya mengacu pada bentuk padat seperti lemak sapi atau kambing.

Komposisi lemak pada ikan didominasi oleh asam lemak tak jenuh ganda rantai panjang (Poly Unsaturated Fatty Acid = PUFA) dengan khasiat yang dahsyat. Omega 3 (atau disebut dengan asam linoleat) jenis EPA (Eicosa Pentaenoic Acid) dan DHA (Docosa Hexaenoic Acid) yang diagungkan sebagai primadona di dalam daging ikan, tak lain merupakan PUFA. Keduanya merupakan asam lemak esensial, yang berarti keberadaannya tidak bisa dibentuk sendiri oleh tubuh. Untuk mendapatkannya harus melalui makanan. Jenis asam lemak ini berkhasiat membantu perkembangan otak dan menjadi stimulan positif dalam menguatkan daya ingat.

DHA berperan penting dalam susunan jaringan otak sehingga dibutuhkan untuk pertumbuhan otak bayi. Secara alami DHA hanya ada dalam ASI dan ikan. Keunggulan lain dari omega 3 pada ikan berkaitan dengan penyakit degeneratif, seperti jantung dan hipertensi. Menurut ahli pangan, mengonsumsi ikan dengan rutin dapat menekan risiko terserang penyakit jantung koroner. Di dalam tubuh, asam lemak tak jenuh akan diubah menjadi HDL (kolesterol baik) yang dapat menurunkan risiko penyempitan pembuluh darah di jantung.


Ikan dengan kandungan omega 3 premium:

-Ikan salmon

-ikan tuna
-ikan tenggiri
-ikan makarel
-ikan layang
-ikan kakap
-ikan kerapu
-ikan baronang


sumber:kaskus.co.id

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking